Tips Bisnis Jualan Online Bagi Pemula

carajualan.com-jualan onlineMenjalankan bisnis jualan online susah-susah mudah, apalagi bagi pembisnis pemula yang baru mulai merintis usahanya. Ada banyak berita atau cerita tentang kesuksesan pembisnis online dalam mengelola bisnisnya dan tidak sedikit pula yang akhirnya dapat menghasilkan omset yang besar.

Keberhasilan tersebut tidak menutup kemungkinan terjadi pada Anda. Dengan catatan memiliki modal yang harus tersedia/ ada. Apa saja modal yang harus dimiliki agar bisnis online yang dijalani berhasil? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

Modal Menjalankan Bisnis Online

Siapkan modal yang wajib ada jika Anda akan menjalani  jualan online, yaitu:

  • Perangkat komputer atau laptop. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan smartphone android yang memiliki spesifikasi dan fitur yang mumpuni.
  • Modal yang terakhir adalah jaringan atau kuota internet.
  • Mempelajari strategi pemasaran yang akan dilakukan. Misalnya menggunakan akun media sosial untuk mempublikasikan produk atau barang dagangan yang Anda jual atau memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu.
  • Selain itu Anda bisa memanfaatkan situs jual beli online. Biasanya situs online menyediakan lapak gratis untuk para penjual, namun ada juga yang harus berbayar. Biasanya sistem berbayar pada situs jual beli online menggunakan cara presentase.

Modal Lainnya Menjalankan Bisnis Online

Selain ketiga modal tersebut yang tidak kalah penting adalah mencantumkan keterangan lengkap mengenai barang yang dijual. Misalnya jika barang yang Anda jual adalah gadget, sebaiknya cantumkan spesifikasi yang terdapat pada ponsel tersebut lalu jangan lupa beri keterangan harga yang ditawarkan.

Apabila media promosi yang digunakan adalah media sosial instagram, sebaiknya pelajari terlebih dahulu aturan mainnya. Contohnya: instagram berbeda dengan media sosial facebook atau tweeter, karena di instagram fokus lebih tertuju pada foto atau gambar. Jadi siapkan kamera yang mumpuni agar hasil foto barang yang Anda jual terlihat jelas, jernih dan menarik.

Buat sistem pembayaran yang simple dan tidak menyulitkan atau merepotkan calon pembeli. Selain itu berikan pelayanan yang terbaik, dengan demikian calon pembeli bisa menjadi pelanggan tetap dan mengajak calon pembeli lainnya.

Tips terakhir menjalankan bisnis online untuk pemula adalah melakukan pencatatan dan laporan mengenai hal-hal yang menyangkut barang masuk dan keluar ataupun pengeluaran dan pemasukan. Dengan adanya laporan yang dibuat secara berkala dan rutin, membantu Anda mengetahui seberapa jauh pencapaian yang sudah dilakukan. Selain itu dengan adanya laporan bisa dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan hasil penjualan.

Walaupun terlihat mudah, namun menjalankan jualan online diperlukan kerja keras dan ketekunan. Terlebih lagi sekarang sudah banyak orang yang menjalankan bisnis online di internet, artinya ada banyak pesaing. Oleh karena itu teruslah mempelajari apapun yang berkaitan dengan bisnis online dan disiplin. Selamat berjualan online!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *