Tips Dan Trik Belanja Di Situs Online Luar Negeri

Dengan banyaknya situs E-commerce semakin memberikan kemudahan kita untuk belanja. Bahkan kita tidak hanya bisa belanja di toko online dalam negeri saja, tapi bisa juga belanja di situs online luar negeri.

Bagi pengguna internet tentu tidak asing dengan situs jual beli luar negeri seperti Ebay, Amazon dsb. Di situs jual beli tersebut kita bisa menemukan beragam macam produk yang kadang tidak dijual di dalam negeri. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa membeli barang online dari luar.

Ada beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan jika Anda melakukan pembelian impor, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Apakah Anda membeli barang dengan harga yang murah ?
  • Apakah barang yang Anda beli berkualitas ?
  • Apakah barang yang Anda beli dijual di dalam negeri atau tidak ?
  • Apakah toko online yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik?

Baca juga: SITUS TERPERCAYA BELANJA ONLINE DARI LUAR NEGERI

Nah, pertanyaan terakhir dipikirkan dengan matang. Memang banyak sekali jenis barang yang bagus dijual di situs luar negeri, baik oleh perorangan atau melalui toko online seperti Ebay, Amazon. Namun, tidak semua penjual memiliki niat yang baik.

Sekarang banyak modus penipuan penjualan barang melalui online. Biasanya setelah pembayaran ditransfer, barang yang dipesan tidak kunjung datang. Untuk menghindari kena tipu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan bisa Anda praktekkan sendiri. Tujuannya untuk mencegah modus penipuan. Langsung saja simak tipsnya berikut ini:

Beli Dari Penjual Yang Memiliki Reputasi Baik

Jika Anda membeli barang melalui situs online luar negeri, sebaiknya pilih penjual yang sudah memiliki reputasi baik. Terutama di transaksi-transaksi yang dilakukan terakhir. Lebih baik lagi jika Anda memilih penjual berprestasi. Jika di Ebay Anda bisa mengetahuinya yaitu muncul tanda merah pada gambar.

Belanja di Ebay, Anda bisa mengetahui reputasi penjual dari pesan dan respon pembeli dan penjual. Caranya bisa klik ‘feedback’, kemudian akan muncul halaman yang detail mengenai respon para pembeli.

Periksa Website

Apabila penjual memiliki website sendiri, coba periksa privacy policy dan keamanan web tersebut. Atau bisa dengan mencari tahu reputasinya melalui forum dan web lain. sebaiknya pilih toko online yang sudah diverifikasi oleg BBB Accredited Business, Stella Service, Verisign, Geo Trust, Cnet Certifed Store, Customer Certited atau verifikasi pada keamanan lainnya.

Dan alangkah baiknya jika situs yang Anda pilih sudah dilengkapi dengan SSL secured yaitu tanda gembok warna kuning, biasanya terdapat di sebelah kanan bawah browser. Tanda tersebut menunjukkan bahwa website tersebut memiliki sistem keamanan berlapis.

Jika Anda belanja di situs online luar negeri, sistem pembayarannya biasanya menggunakan western union atau alat pembayaran khusus online, seperti paypal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *