Tips dan Trik Berjualan di Sosial Media

Berjualan atau berdagang merupakan mata pencaharian yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dari mulai berjualan makanan, pakaian, hingga furniture dan barang besar lainnya bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan mendapatkan laba yang tidak sedikit. Cara lama berjualan adalah dengan membuka toko atau melakukan pemasaran secara langsung dari pintu ke pintu. Namun hal tersebut memiliki kekurangan karena daya jangkauannya yang sangat terbatas. Kini dengan perkembangan jaman yang serba digital, pemasaran menggunakan internet mulai banyak digunakan sebagai tips dan trik berjualan untuk mendapatkan hasil penjualan yang lebih tinggi dengan area pemasaran lebih luas.

Salah satu media online yang banyak dijadikan media pemasaran secara maya adalah social media. Kini hampir semua orang memiliki social media yang dikunjungi atau dibuka jauh lebih sering daripada mereka pergi ke pasar. Untuk itu menggunakan social media untuk berjualan atau sekedar memperkenalkan produk menjadi cara yang sangat efektif. Meski begitu, satu cara yang brilliant pastinya dilakukan oleh banyak orang. Karenanya Anda perlu menjadikan cara Anda paling unik dan menarik sehingga calon konsumen lebih memilih produk atau iklan Anda untuk dibeli. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk berjualan di social media:

  • Beri judul yang paling menarik dan menunjukkan kelebihan produk Anda.

Judul merupakan hal pertama yang dibaca oleh para pengguna media social. Berikan judul yang singkat namun menjadi karakteristik produk yang Anda jual. Judul tersebut sebaiknya juga adalah keyword berupa kata yang sudah dikenal masyarakat.

  • Kualitas foto.

Untuk berjualan pastinya Anda akan membutuhkan beberapa buah foto produk Anda untuk memberikan gambaran pasti pada calon pembeli. Perhatikan kualitas dan keoriginalan foto yang Anda buat. Ambil gambar dari beberapa angle untuk memberi penampakan yang lengkap akan apa yang Anda jual. Atur pencahayaan dan latar belakang untuk memberikan kualitas foto yang paling baik.

Baca juga: Ini Dia Tips dan Trik Merintis Usaha Kecil Hingga Menjadi Sukses

  • Tuliskan keterangan dengan detail termasuk kelebihan.

Teks atau deskripsi produk haruslah selengkap mungkin agar semua pertanyaan yang mungkin ada di pikiran calon pembeli bisa terjawab. Misalnya jika Anda menjual pakaian maka tuliskan bahan yang digunakan, ukuran hingga warna yang ada. Selain itu tuliskan kelebihan jika Anda menjual produk baru.

Beberapa tips dan trik di atas sebaiknya Anda lakukan di setiap postingan iklan produk yang akan Anda tayangkan di social media. gunakan social media yang banyak dimiliki oleh banyak orang di berbagai wilayah sehingga cakupan pemasaran Anda akan lebih luas. Jika perlu lakukan pemasaran berbayar dengan memanfaatkan iklan komersil yang kini ada di berbagai social media sehingga mereka juga bisa membantu pemasaran Anda secara otomatis.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *