Tips Hemat Belanja Online

Belanja online kini sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang memiliki akses terhadap teknologi internet. Cara berbelanja yang praktis, pilihan yang beragam, dan proses transaksi yang mudah membuat para pengguna internet perlahan-lahan mulai menikmati kegiatan belanja online. Selain karena faktor kemudahan yang ditawarkan, edukasi yang dilakukan berbagai lapak online atau e-commercing di Indonesia akan mudahnya belanja di internet memang memberikan dampak yang signifikan terhadap terus meningkatnya jumlah transaksi jual beli di internet dari tahun ke tahun. Berbagai toko atau retail online terus mengkampanyekan kegiatan belanja online dengan memberikan diskon yang cukup besar sehingga calon konsumen mulai tergiur karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah.

Harga yang murah juga merupakan salah satu alasan lain mengapa belanja di internet digemari masyarakat. Namun, upaya untuk berhemat ketika berbelanja secara online akan sia-sia jika pembeli tidak berbelanja dengan bijak. Berikut ini adalah beberapa tips hemat ketika belanja online.

  • Cek Harga Lapak Sebelah

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah harga yang ditawarkan oleh sebuah lapak online benar-benar murah atau tidak adalah dengan mengecek harga barnag tersebut di lapak sebelah atau toko online lainnya. Bandingkan harga dari setidaknya tiga hingga lima toko online untuk mengetahui harga rata-rata sebuah barang sebelum kita membelinya. Jika sudah mengetahui harga rata-rata atau harga normalnya, kita akan tahu lapak mana yang memberikan harga yang paling murah.

  • Menentukan Barang yang Akan Dibeli

Berbagai toko online di internet menawarkan berbagai aneka barang yang menarik. Jika tidak menentukan barang yang akan dibeli sebelumnya, yaitu barang yang memang benar-benar dibutuhkan, maka kita akan mudah tergiur dengan berbagai barang yang menarik, sehingga kecenderungan dan peluang untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan akan sangat besar. Dampaknya, keinginan dan niatan untuk berhemat akan berantakan sebab akhirnya kita membeli barang yang tidak dibutuhkan. Cara yang paling bijak ketika akan berbelanja di toko online adalah dengan menentukan barangnya terlebih dahulu, baru kemudian mengecek item barang tersebut di berbagai lapak online.

  • Belanja di Momen-momen Tertentu

Di berbagai momen tertentu, misalnya momen hari-hari besar dan momen akhir tahun, berbagai pemiliki toko online biasanya akan memberikan berbagai diskon dan paket belanja menarik untuk memeriahkan atau menyemarakkan sebuah momen. Misalnya pada hari Lebaran, biasanya akan banyak toko online yang memberikan diskon khusus untuk barang-barang yang berkaitan dengan momen Lebaran seperti pakaian muslimah dan barang lainnya. Untuk itu, memanfaatkan berbagai momen tertentu untuk belanja online adalah cara yang bijak untuk lebih hemat. Diskon yang diberikan di momen-momen tertentu biasanya cukup besar. Apalagi jika momen akhir tahun, berbagai lapak online biasanya akan mengadakan kegiatan semacam cuci gudang dengan menjual barang-barangnya dengan harga yang sangat murah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *