Tips Internet Marketing Bagi Pemula

Tips Internet Marketing Bagi Pemula

Perkembangan Internet yang begitu pesat mampu membawa banyak keuntungan dalam bidang kehidupan. Saat ini hampir semua orang bergantung  pada teknologi karena lebih memudahkan, bahkan sekarang banyak yang mulai beralih dari offline ke online. Internet marketing merupakan segala upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa dengan menggunakan media elektronik tau internet.

Tips Internet Marketing Bagi Pemula

Kini di Indonesia semakin banyak orang yang memutuskan untuk terjun ke dunia wirausaha dengan menggunkan media internet sebagai media promosi atau penjualan produknya. Untuk menjadi seorang penjual yang handal memang tidak mudah, dibutuhkan niat yang sungguh-sungguh, pengetahuan yang cukup serta mampu memaksimalkan internet dengan baik. Namun jika mengetahui cara belajar internet marketing maka  anda akan tidak membutuhkan waktu lama untuk menjadi penjual yang professional.  Untuk pemula yang baru masuk ke dalam internet marketing harus mengetahui beberapa hal, diantaranya :

  • Riset Produk

Dalam internet marketing, melakukan riset produk adalah yang utama. Yang menyangkut apa keinginan pasar bukan keinginan anda seorang. Jadi anda harus mengetahui produk-produk apa saja yang menjadi trend dan kebutuhan oleh banyak orang. Dengan begitu produk yang anda jual akan memperoleh profit yang maksimal.  Salah satu cara untuk riset produk adalah dengan google trends. Berikut adalah acaranya :

  1. Bukalah Google Trends, dan login ke akun email
  2. Pada kotak pencarian, masukkan kata kunci  produk. Misalnya anda ingin berjualan celana jeans, maka masukkan kata kunci “celana jeans” dan tekan enter
  3. Setelah selesai, maka akan terlihat grafik dari kata kunci tersebut
  4. Amati grafiknya, jika grafiknya menunjukkan stabil berarti produk tersebut pencarianya stabil setiap bulanya, tapi jika grafik pencariannya menurun maka sebaiknya anda mencari produk yang lainnya.

 Baca juga artikel menarik lainnya di carajualan.com

  • Riset Persaingan

Setelah mengetahui produk apa yang akan dijual, selanjutnya  lakukan riset persaingan untuk mengetahui siapa-siapa saja yang menjadi pesaing atau kompetitor sehingga kita bisa mengetahui strategi apa yang bisa dilakukan untuk mengimbangi atau bahkan menyaingi lawan bisnis anda.

Untuk penentuan harga jual anda bisa dengan menentukan harga lebih rendah dari harga pasaran dengan keuntungan yang lebih sedikit sehingga para konsumen akan tertarik dan berpindah ke produk yang anada  jual.

  • Pahami Sosial Media

Hampir semua orang pastinya mempunyai social media entah itu facebook, instagram, twitter,dan lain sebagainya. Dengan begitu, hal ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan calon pembeli sebanyak – banyaknya dengan melakukan promosi secara gratis ataupun berbayar. Jika dengan membayar sejumlah uang maka produk yang kita jual akan muncul secara massive ke semua orang yang menggunakan media social.

  • Terus belajar dan Jangan Mudah Putus Asa

Harus terus belajar untuk mendapatkan ide – ide cemerlang yang dapat diterapkan dalam berbisnis di internet dan dibutuhkan komitmen yang tunggi untuk terus meengeluti dunia ini.

Demikianlah beberapa hal yang harus diketahui oleh internet marketing bagi pemula yang bisa dijadikan acuan agar bisnis berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *