Tips Jitu Jual Beli Online

Perkembangan teknologi internet yang begitu pesat, telah membuat beberapa kebiasaaan masyarakat umum mulai bergeser. Contohnya, misalnya dalam urusan jual beli. Orang-orang kini justru lebih senang memilih alternatif cara jual beli online.

Jual beli online dirasa merupakan salah satu alternatif dalam bertransaksi online. Jauh lebih asik untuk berbelanja. Hemat biaya dan waktu.

Namun, yang perlu diingat, jual beli online juga bukan tanpa resiko. Ceruk celah resikonya bahkan jauh lebih besar. Resikonya bahkan anda bisa tertipu. Maka, untuk mengantisipasinya berikut ini kami hadirkan beberapa tips jitu jual beli online.

Baca juga: 4 Cara Jitu Agar Bisnis Jual Beli Online Anda Sukses

  • Teliti Memilih Barang

Pertama ketika ingin melakukan transaksi jual beli online, anda harus memastikan terlebih dahulu barang yang akan anda beli. Maksudnya, ini adalah sebuah bentuk antisipasi barang palsu atau barang cacat. Juga bisa barang yang anda inginkan itu tidak sesuai dengan bayangan.

Misal, anda ingin membeli sebuah buku. Buku tersebut, jika dilihat dari fotonya nampak seperti buku format besar. Namun, ketika sudah didapat dan diterima, ternyata ukurannya kecil.

Nah, hal kecil seperti inilah yang selayaknya diantisipasi. Caranya tentu saja dengan teliti dengan barang.

Anda harus menyimak deskripsi tentang barang tersebut. Dari warna, ukuran sampai kondisi sekarang.

  • Membaca deskripsi secara seksama

Nah, teliti ketika memilih barang adalah dengan membaca deskripsi. Deskripsi biasanya mencantumkan ukuran dan warna. Ini harus dibaca dengan seksama. Karena, anda tidak melihat barangnya secara langsung.

Jadi, gambaran akan barang itu hanya bisa diteliti dari deskripsi di kolomnya saja.

  • Melihat profil

Langkah selanjutnya adalah dengan seksama mengamati profil penjual tersebut. Anda harus memperhatikan ini agar anda tak tertipu karena ini untuk meyakinkan anda. Jangan sampai ketika membeli barang, anda menyesal karena tertipu. Karena profil ini merupakan yang pertama dan utama untuk menentukan pembelian.

  • Melakukan riset harga

Yang selanjutnya yang tak kalah penting tentu saja melakukan riset harga. Ini adalah salah satu prosedur penting yang tak boleh dilewati. Apalagi bagi anda yang baru pertama kali jual beli online. Riset harga berguna untuk mengantisipasi harga yang terlalu mahal. Karena, banyak pula pedagang nakal yang seperti itu. Yang memanfaatkan ketidaktahuan sang pembeli. Kepolosan ini semestinya tak terjadi jika anda sudah riset terlebih dahulu.

Banyak sekali informasi yang bisa jadi pembanding.

  • Memilih cara transaksi aman

Langkah selanjutnya ialah memilih moda pembayaran yang aman. Ini penting sekali untuk anda perhatikan. Karena moda transaksi yang aman tentu saja sangat penting. Karena banyak sekali kasus terjadi karena kelalaian ini. Banyak para pembeli yang sembrono asal memilih moda transaksi asal asalan saja. Akhirnya tertipu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *