Tips Jual beli Online Aman

Jual beli online adalah beberapa kebiasaan belanja yang akhir-akhir ini mewabah di kalangan masyarakat. Ini adalah dampak dari perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Tidak terbayangkan sebelumnya memesan tiket pesawat sampai membeli sayur mayur di pasar bisa dilakukan via online. Sungguh, semuanya kini menjadi mudah dan cepat. Semuanya hanya berbekal sentuhan jari jemari. Namun, yang perlu diingat, jual beli online juga mengandung resiko. Yaitu resiko keamanan dalam bertransaksi, tapi anda bisa mengantisipasi itu dengan beberapa cara. Berikut ini adalah beberapa tips untuk aman jual beli online.

  • Riset Terlebih Dahulu di situs web

Pertama-tama anda harus melakukan riset terlebih dahulu di halaman toko jual beli online tersebut. Jangan gegabah melakukan transaksi disitu tanpa sedikit pun informasi tentang toko jual beli online tersebut. Cek terlebih dulu keamanannya. Caranya ialah dengan melakukan riset. Carilah beberapa testimonial dari para pembeli yang pernah melakukan transaksi jual beli online tersebut. Lalu, jika komentar mereka cenderung positif, maka silahkan berbelanja dengan aman.

  • Baca terlebih dahulu aturan di situs web tersebut

Langkah selanjutnya anda harus membaca term license yang ada di web tersebut. Ini untuk mengetahui beberapa aturan yang diterapkan oleh web tersebut. Agar, anda merasa tidak dirugikan jika ke depannya ada beberapa kebijakan yang memang berada di luar tanggung jawab si toko jual beli online.

  • Melihat paket barang dengan teliti melalui deskripsi

Langkah selanjutnya anda bisa mengecek barang. Pengecekan ini perlu karena barang yang anda beli belum tentu tanpa cacat dan dalam kondisi yang baik. Anda harus melakukan pengecekan. Dan harus benar-benar teliti. Karena tak jarang ada juga barang yang asli sangat berbeda dengan yang ada di foto.

  • Periksalah harga total

Agar anda tak merasa tertipu setelah melakukan pembelanjaan, anda sebaiknya juga mengecek harga total di keranjang pembelian. Cek dan pastikan bahwa nominal harga tersebut tidak salah.

  • Simpan bukti transaksi

Dan yang tak boleh anda abaikan ialah untuk selalu menyimpat bukti transaksi pembelian anda. Jangan abai dengan hal sepele ini. Karena bukti transaksi itu penting sekali.

  • Jangan tergiur dengan barang murah

Anda juga sebaiknya tidak mudah tergiur dengan barang yang dijual dengan harga murah. Karena, kita patut curiga bahwa barang tersebut mungkin mengandung cacat. Ini penting dan harus menjadi catatan anda sebelum membelinya.

Berikut tadi adalah beberapa tips untuk melakukan jual beli online yang nyaman dan aman. Semoga bisa menjadi panduan dan pertimbangan anda sebelum melakukan transaksi. Karena, kita tahu bahwa penipu bisa memanfaatkan berbagai macam celah kesempatan. Tak terkecuali dalam jual beli online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *