Tips Memilih Usaha Waralaba Dengan Tepat

Tips Memilih Usaha Waralaba Dengan Tepat

Waralaba merupakan salah satu bisnis yang sedang menjamur di Indonesia, usaha ini juga sangat cocok untuk pemula yang sedang bingung menentukan jenis usaha apa yang akan coba dijalankan dan bisa sebagai langkah untuk belajar menjalankan usaha. Hal yang membedakan bisnis ini dengan bisnis yang lain adalah segala sesuatunya sudah terkonsep dengan rapi mulai dari pekerjaan sampai cara pembuatan, bisnis ini juga mudah dijalankan karena tak perlu repot-repot lagi mencari nama merek, peralatan dan rasa, dan anda juga tak perlu menyiapkan modal yang besar.

Tips Memilih Usaha Waralaba Dengan Tepat

Meskipun demikian, tetap harus cermat dalam memilih bisnis yang akan digeluti. untuk memilih waralaba yang murah tapi menguntungkan berikut adalah tips yang bisa anda lakukan.

  • Sesuaikan dengan modal

Modal adalah hal yang paling utama dalam memulai sebuah bisnis. Modal yang didapat bisa dari pinjaman dari bank atau kredit,  dan tabungan pribadi. Oleh karena itu sebaiknya sesuaikan bisnis yang akan dipilih dengan kemampuan modal yang dimilki. Jangan terlalu memaksakan diri dengan memilih bisnis dengan modal besar namun kenyataanya modal yang dimiliki begitu terbatas.

  • Pastikan izin bisnis waralaba tersebut legal

Pastinya anda tidak mau bahwa bisnis yang akan coba digeluti tesangkut masalah hukum karena belum mempunyai izin untuk menjalankan bisnis. Oleh sebab itu pastikan izin usaha sudah dikantongi  oleh bisnis tersebut dan produk yang dihasilkanpun dapat dipertanggung jawabkan.

  • Gali informasi secara lengkap

Jagan malas untuk menggali banyak informasi tentang usaha waralaba tersebut mengenai bagaimana reputasinya, bagaimana pemilik saat memulai usaha tersebut, dan berapa banyak jumlah cabang sudah dimiliki. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, anda bisa menilai apakah bisnis tersebut akan mampu bertahan lama atau tidak.

  • Teruji kredibilitasnya

Kredibiltas atau citra dari produk sangat penting untuk menarik banyak konsumen. carilah yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat agar mendapatkan respon yang baik dan biasanya penyedia franchise yang mempunyai nama, sudah sangat berpengalaman dibidangnya jika dibandingkan dengan penyedia franchise yang baru bangun.  jadi jangan gampang untuk memilih usaha jenis meskipun modal yang ditawarkan cukup murah.

  • Pilih lokasi atau tempat yang strategis

Lokasi atau tempat dalam menjalankan usaha waralaba ini sangat menentukan keberhasilan usaha anda. Carilah tempat yang strategis yang bisa diketahui oleh banyak orang. Selain itu anda juga harus mengenali dahulu siapa segmen pasar yang dituju dari produk yang dijual. Semisal produk anda adalah minuman cokelat segar, maka tempat yang cocok yaitu dekat dengan sekolah ataupun kampus.

Baca juga artikel menarik lainnya di carajualan.com

Setiap usaha yang dijalankan  pasti mempunyai resiko, mulai dari resiko kecil hingga resiko besar. namun dengan tips diatas diharapkan bisa membantu meminimalisir kegagalan tersebut. yang penting diingat, dalam berbisnis waralaba anda harus pantang menyerah dan optimis bahwa usaha yang dijalankan akan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *