Tips Memulai Bisnis Baru di Internet

Dari tahun ke tahun, jumlah penjual online atau pedagang dan pebisnis yang membuka usaha online terus meningkat. Hal ini sejalan dengan kebutuhan pasar yang seakan tidak pernah sepi. Pangsa pasar atau jumlah pembeli yang melakukan transaksi di internet terus melonjak, dan bahkan presentase peningkatannya hingga di atas 5% setiap tahun. Fakta tersebut membuat banyak pebisnis yang perlahan meninggalkan bisnis konvensional, dan mulai membuka bisnis baru berupa bisnis online di internet.

Berbisnis dengan memanfaatkan teknologi internet memang memberikan banyak sekali kemudahan. Dalam hal promosi, misalnya, promosi dengan mengandalkan internet akan lebih efektif dan lebih cepat diterima oleh calon pembeli. Target sasarannya pun lebih luas dan beraga, tidak dibatasi oleh ruang atau tempat. Atau dalam hal transaksi, jual beli di internet transaksinya bisa melalui online, yang lebih hemat biaya. Melihat kemudahan tersebut, tidak heran jika bisnis internet semakin digemari. Berikut ini akan dibahas tips memulai bisnis baru di internet.

baca juga: Bisnis Internet Yang Paling Diminati Konsumen

  1. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan memulai bisnis online adalah menentukan produk yang akan dijual. Tidak semua produk bisa laku atau laris jika dijual online. Barang yang tidak laku umumnya adalah barang yang rentan rusak atau pecah ketika dalam proses pengiriman.

Data menunjukkan bahwa terdapat beberapa produk yang sangat laris di internet. Yaitu: pertama, produk pakaian atau fashion. Kedua, produk kosmetik atau produk kecantikan. Ketiga, beragam aksesoris, mulai dari sepatu hingga tas. Keempat, perlengkapan bayi dan anak-anak, mulai dari pakaian hingga aksesorisnya. Kelima, produk yang berkaitan dengan olah raga. Dengan memilih salah satu dari kelima jenis produk tersebut, maka kemungkinan barang yang dijual akan laku akan sangat besar.

  1. Menentukan Media atau Tempat Berjualan Online

Media atau tempat berjualan online juga merupakan faktor yang sangat menentukan sukses atau tidaknya jualan online yang Anda geluti. Pilihlah media atau situs jual beli yang memiliki banyak pengunjung, misalnya situs media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram. Atau juga berbagai situs jual beli yang sudah memiliki pengunjung yang loyal. Bagi pebisnis online pemula, sebaiknya jangan membuat situs web pribadi, karena kemungkinan untuk dikunjungi calon pembeli akan sangat kecil.

  1. Strategi Promosi yang Jitu

Promosi juga akan menentukan keberhasilan sebuah usaha seperti bisnis jual beli, apalagi jika itu adalah bisnis baru. Promosi merupakan kegiatan mengenalkan toko online Anda dan berbagai produk yang Anda jual ke khalayak luas, dalam hal ini para pengguna internet. Lakukanlah promosi dengan menyisir calon pembeli yang potensial. Misalnya jika produk yang Anda jual adalah jilbab, maka calon pembeli yang paling potensial tentu adalah para muslimah, khususnya yang berusia 16-35 tahun. Oleh sebab itu, lakukanlah promosi yang tepat sasaran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *