Tips Menerapkan Instagram Marketing yang Menguntungkan Bagi Bisnis Anda

Bila Anda merupakan salah satu pebisnis online, mungkin Anda tidak asing lagi dengan berbagai macam media sosial yang sering dipergunakan untuk melakukan aktivitas marketing seperti Google+, Twitter, Facebook dan Instagram. Instagram merupakan sebuah media sosial dengan basis photo sharing yang begitu populer di Indonesia. Instagram memiliki tingkat popularitas yang signifikan sehingga banyak pebisnis online menggunakan Instagram marketing untuk mempromosikan bisnis mereka. Jika Anda merupakan pengguna Instagram serta ingin mengembangkan bisnis menggunakan Instagram, ada beberapa hal wajib yang harus Anda lakukan.

Pertama, perbaiki profile Anda terlebih dahulu. Pergunakan photo profile yang memiliki avatar menarik untuk akun Anda. bila Anda mempunyai beberapa akun media sosial yang lain, usahakan mereka memiliki avatar yang sama agar konsumen semakin mudah mengingat Anda. selain itu pastikan user name Instagram sama dengan user name yang berada di media sosial yang lain. Pastikan kata kunci di dalam bio Instagram sama dengan niche bisnis. Mengapa semua harus sama dan disesuaikan? Agar calon konsumen semakin mudah menemukan bisnis Anda.

Kedua, pergunakan hashtag yang tepat. Agar Instagram marketing semakin mudah dilakukan, Anda bisa menggunakan hashtag yang paling tepat. Hashtag merupakan komponen yang bisa membantu memproses pencarian materi di Instagram. Penggunaan hashtag yang benar dan baik akan membantu kegiatan marketing Anda. jangan menggunakan hashtag yang tidak sesuai dengan konten, hashtag yang dipergunakan juga harus sesuai dengan target pasar, memang untuk menyusun strategi hashtag ini akan sedikit memakan waktu, namun akan tergantikan. Usahakan konsisten dalam pengulangan hashtag. Meskipun terlihat sederhana, namun hashtag memberikan pengaruh besar bagi promosi Anda.

Ketiga, melakukan interaksi dengan pengikut. Pengikut sebenarnya menjadi ladang yang digunakan untuk meraup keuntungan. Anda harus memperlakukan pengikut seperti manusia dan menjadikan mereka seperti raja agar mereka tertarik dengan produk yang sekarang Anda share. Anda bisa berinteraksi dengan mereka seperti teman. Ketika Anda melihat komentar spam, hilangkan komentar tersebut, selain itu gunakan hashtag yang bisa mengarahkan orang untuk mengikuti Anda. memang tidak mudah untuk melakukan interaksi secara konsisten dengan setiap pengikut, apalagi jika bisnis Anda sedang berkembang serta memerlukan tenaga lain seperti produksi, distribusi hingga karyawan lain. Solusi lain yang bisa dilakukan ialah menggunakan tool engagement di IG.

Keempat, buat komunitas khusus di Instagram. Agar Instagram marketing semakin berhasil, Anda bisa membuat sebuah komunitas khusus. Sesudah para pengikut Anda di Instagram melakukan hubungan baik dengan Anda dan melakukan pembelian, Anda bisa menghargai mereka dengan memberi konten khusus yang lebih banyak dibandingkan dengan yang lainnya. buat mereka menjadi lebih khusus dibanding yang lain, dengan cara ini mereka akan lebih menghargai Anda, dan tidak menutup kemungkinan menjadi ambassador Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *