Tips Promosi Usaha Online di Media Sosial

Mengembangkan usaha bisnis dengan mempromosikan kegiatan jual beli yang kita lakukan melalui internet merupakan salah satu cara promosi yang paling efektif. Terdapat banyak sekali keuntungan melakukan promosi usaha di internet, mulai dari lebih hemat beaya, publik yang lebih besar sebab pengguna internet di Indonesia jumlahnya cukup banyak, dan jangkauan promosi yang jauh lebih luas dibandingkan dengan melakukan promosi konvensional seperti menyebarkan pamflet atau selebaran.

Mempertimbangkan keuntungan dan keefektifan melakukan promosi usaha online di internet atau di media sosial, tidak heran jika saat ini banyak sekali pebisnis online yang memilih beriklan atau menyebarkan informasi bisnis di berbagai situs di internet. Bahkan, tidak jarang pula pebisnis yang melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka toko online. Namun, melakukan promosi secara online belum tentu akan efektif dan menarik perhatian banyak pembeli, apalagi jika promosi tersebut tidak direncanakan dengan baik. Berikut ini adalah tips promosi online di media sosial.

Baca juga: TIPS PROMOSI DAN MEMPERKENALKAN PRODUK DI SITUS ONLINE

Poster atau Foto yang Menarik

Pengguna internet, umumnya menyukasi sesuatu yang serba cepat, praktis, bahkan instan. Oleh sebab itu, promosi di internet dengan mengandalkan kalimat yang sifatnya naratif, apalagi kalimat promosi yang panjang, akan memiliki potensi besar untuk diabaikan para pengguna internet. Promosi yang paling efektif di internet, khususnya di media sosial, adalah dengan menyebarkan foto atau poster gambar yang desainnya menarik, dengan kata-kata yang efektif, menghindari kalimat panjang, dan tentu saja menarik. Misalnya, kalimat “Belanja Hari Ini, Diskon 50%” akan jauh lebih efektif dan menarik dibandingkan kalimat “Hari Ini Kami Memberikan Promo Separuh Harga untuk Pembelian Semua Jenis Barang”. Oleh sebab itu, gunakanlah kalimat yang efektif di poster yang kita bagikan.

Desain Poster yang Unik

Tidak hanya poster atau foto yang menarik dari segi kalimat, desain poster promosi tersebut juga sebaiknya menampilkan keunikan. Sudah menjadi karakter sebagian besar pengguna internet bahwa mereka menyukai sesuatu yang unik, yang menarik perhatian dan langsung membekas dalam sekali pandang. Oleh sebab itu, bikinlah poster yang desainnya unik, misalnya desain yang membuat orang yang melihatnya langsung tertawa, atau desain yang bisa membuat orang penasaran untuk menelusuri lebih jauh tentang isi dan maksud poster tersebut.

Menampilkan Testimoni Kepuasan Pembeli

Testimonis dari pembeli yang pernah berbelanja di toko online kita juga harus didokumentasikan, misalnya dengan menggunakan screen capture. Terutama testimoni atau komentar pembeli yang berisi kepuasan mereka ketika berbelanja atau menikmati produk yang kita jual. Testimoni tersebut bisa menjadi promosi usaha yang bagus untuk menarik perhatian calon pembeli lain. Sebab calon pembeli umumnya butuh stimulasi berupa bukti bahwa produk tersebut memang benar-benar berkualitas, sehingga calon pembeli tidak akan ragu lagi untuk mencoba berbelanja di toko online kita atau mencoba produk yang kita jual.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *