Trik bisnis Untuk Pemula

Untuk memulai sebuah bisnis, sebenarnya bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang, jika kita tahu trik bisnis yang tepat. Susah, jika kita sama sekali tak paham dengan trik bisnis yang bakal kita terapkan pada bisnis kita. Alhasil, banyak pula para pebisnis pemula yang sudah gugur dalam proses itu sendiri. Maka, sebaiknya, sebelum menjalankan bisnis, seorang pebisnis pemula juga wajib hukumnya mengetahui beberapa trik bisnis. Berikut ini kami sajikan beberapa trik bisnis yang bisa dijajal oleh para pebisnis pemula.

Baca juga: Mudahnya Bisnis Online dengan Modal Kecil

  • Lebih Realistis Terlebih Dahulu

Kunci awal dalam menjalankan bisnis, adalah anda harus menghilangkan segenap rasa angan-angan terlebih dahulu. Angan-angan sangat jauh berbeda dengan visi dan misi. Karena, biasanya angan-angan itu mengawang dan tidak realistis. Sedangkan, visi dan misi begitu realistis. Anda jangan pernah terbuai dengan angan-angan. Kunci trik bisnis adalah ini. Jangan terlampau muluk ketika membuat visi dan misi, karena itu hanya akan membuatnya menjadi angan-angan. Cukup pasang beberapa tujuan yang bisa diukur diwujudkan. Sesuaikan dengan apa yang anda miliki sekarang. Sebab, tujuan yang hebat atau visi misi yang hebat bukanlah yang muluk. Tapi, yang bisa dicapai dan tuntas dikerjakan.

  • Jangan ceroboh dalam menginvestasikan dana

Trik bisnis selanjutnya, anda tak boleh ceroboh dalam menaruh dana. Sebaiknya, perhitungkan dulu budget anda. Agar anda tak terlalu menyesal apabila nanti mengalami kerugian. Semuanya harus direncanakan dengan baik. Jangan terlalu ceroboh.

  • Perbudak diri sendiri dengan kerja keras

Trik bisnis yang patut untuk dijajal pula adalah, memperkerjakan diri sendiri terlebih dahulu. Jangan tergoda untuk mempekerjakan orang lain. Karena, artinya anda harus menambah modal dan ongkos untuk pekerja anda. Karena, anda adalah pebisnis pemula maka sebaiknya bekerja keraslah terlebih dahulu.

  • Hargai waktu

Waktu adalah uang. Itu memang benar. Apalagi bagi pebisnis. Anda tak boleh dengan sembrono menghambur-hamburkan waktu anda untuk sesuatu hal yang tak produktif. Sebab, menghargai waktu adalah trik bisnis sederhana yang sering diabaikan orang.

  • Rekrut karyawan dengan baik

Jika bisnis anda sudah mulai menampakkan hasil, maka ini adaah saatnya untuk merekrut karyawan. Tentu saja, anda harus merekrut karyawan yang baik. Karena karyawan merupakan aset. Pertama-tama, sebaiknya anda memasang kriteria kejujuran. Ini yang utama. Sebab, jika ketrampilan bisa diasah, beda dengan kejujuran yang merupakan aset personal yang tak nampak.

  • Jual Kelebihan bukan harganya

Jika anda menjual produk, sebaiknya anda jangan membuat harga produk yang terlalu mahal. Cukup pasang harga ideal. Selanjutnya juallah kelebihannya saja. Konsumen akan melihat ini.

  • Jadilah yang terbaik

Terakhir, jadilah yang terbaik. Seorang pebisnis hebat pasti akan berjuang keras agar selalu menjadi yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *