Trik Jitu Melakukan Promosi Jualan Online

Trik Jitu Melakukan Promosi Jualan Online

Indikator kesuksesan sebuah bisnis salah satunya adalah tingginya angka penjualan. Untuk mendapat dan mempertahankan hal itu, tentunya pihak produsen memerlukan strategi marketing yang baik. Pada umumnya, salah satu strategi marketing yang sering digunakan untuk menjaring minat calon pembeli adalah promosi.

Trik Jitu Melakukan Promosi Jualan Online

Promosi merupakan cara penjualan yang bertujuan untuk meningkatkan bisnis dan dilangsungkan pada masa tertentu. Selain dipakai ketika perusahaan ingin mendapat branding image yang kuat, promo juga dilakukan ketika memperkenalkan produk baru kepada publik. Terdapat beberapa jenis promo yang sering digunakan oleh produsen dalam menjual produk ataupun meningkatkan pasar, misalnya pemberian diskon.

Diskon merupakan potongan harga dari si harga asli dan biasanya ampuh untuk promosi. Ada pula pemberian voucher atau kupon yang pada dasarnya sistematikanya hampir sama dengan diskon, yakni memberikan bonus kepada pembeli ketika membeli produk yang dipromokan. Namun dalam melakukan promo perlu hati-hati lantaran estetika berjualan juga harus diperhitungkan. Jangan sampai promosi yang kamu lakukan malah membuat produkmu terlihat murahan dan tidak laku. Oleh karena itu, diperlukan trik-trik khusus nan jitu dalam melakukan promosi agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut merupakan trik melakukan promosi untuk berjualan online :

 

  • Memperkenalkan Kepada Teman

 

Untuk jualan online, biasanya toko offline kadang tidak tersedia. Nah… Langkah yang tepat untuk menjaring pembeli adalah dengan memperkenalkan produkmu pertama kalinya kepada teman dan lingkungan sekitar, bisa keluarga, tetangga, kerabat dekat. Sesuaikan pula dengan segmentasi pasarmu. Jika segmenmu adalah anak sekolahan, maka kenalkan produkmu terlebih dahulu kepada mereka yang memiliki usia sekolah, jangan kepada mereka yang telah bekerja. Jika segmenmu adalah wanita karir, jangan promosikan produkmu terlebih dulu ke ibu-ibu rumah tangga. Bisa jadi produkmu tidak sesuai dan malah malfungsi. Begitupun sebaliknya.

 

  • Minta Testimoni

 

Setelah kamu perkenalkan dan mereka tertarik membeli, langkah selanjutnya adalah meminta testimoni. Hal ini lazim dilakukan oleh para pelaku bisnis online lantaram testimoni dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli lain.

 

  • Membagikan Brosur

 

Jangan hanya berfokus pada promosi online. Kadang promosi yang bersifat offline juga diperlukan, misalnya membagikan brosur di keramaian. Kamu bisa mencoba pergi ke pusat perbelanjaan yang penjualannya hampir sama dengan produkmu dan menyebar brosur disana. Cantumkan hal-hal penting dan jelas di brosur tersebut. Jangan cantumkan hal yang tidak berguna dan bersifat bertele-tele. Cukup cantumkan nama tokomu, produk yang kamu jual, alamat toko atau alamat web, dan sedikit review pembeli. Hal ini cukup ampuh untuk menciptakan branding yang kuat.

 

  • Gunakan Banyak Marketplace

 

Jangan hanya berfokus pada satu marketplace. Kamu bisa mencoba berjualan di beberapa marketplace yang mana cangkupan pembelinya akan lebih besar.

Baca juga: 5 Hal yang tidak Boleh Dilakukan Ketika Promosi via Online

 

  • Berpromosi Melalui Social Media

 

Promosi melalui Social Media juga sangat berguna lantaran saat ini penggunaan socmed termasuk tinggi, misalnya saja Instagram dan Facebook.

Demikianlah trik-trik jitu dalam melakukan promosi untuk jualan online. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *