Trik Mudah Dapatkan Modal Usaha untuk Calon Pengusaha

Trik Mudah Dapatkan Modal Usaha untuk Calon Pengusaha

Tak hanya bekerja di perusahaan bonafid saja, namun cara mendapatkan uang di era yang serba modern kini sudah banyak. Anda bisa juga dengan terjun ke dunia bisnis. Meski demikian biasanya tantangan awal untuk bisa terjun ke dunia usaha adalah dengan tidak adanya modal usaha. Memang modal kerap jadi tantangan yang tak berpenghujung dalam mendapatkannya. Sebetulnya untuk mendapatkan modal tak hanya bisa dilakukan dengan meminjam bank, namun Anda memang harus lebih kreatif dan inovatif lagi.

Trik Mudah Dapatkan Modal Usaha untuk Calon Pengusaha

Bagi Anda yang saat ini masih buntu untuk mendapatkan modal demi usaha Anda, maka berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan modalnya:

  • Tabungan pribadi

Untuk cara pertama tentu menjadi cara klasik yakni dengan memakai tabungan. Ya, tabungan adalah cara teraman untuk modal karena Anda tak harus terbebani dengan membayar cicilannya. Biasanya banyak sekali pengusaha yang memilih untuk korbankan tabungannya dulu dibanding berhutang karena memang hutang beresiko tinggi. Jika Anda tak mampu bayar, maka siap saja aset disita paksa.

  • Menjual aset

Jika tabungan masih kurang cukup untuk menutup modal Anda, maka jangan menyerah. Anda bisa juga dengan menjual aset Anda sehingga bisa mendapatkan tambahan modal. Jika Anda memiliki beberapa aset misalnya motor, mobil, emas hingga jenis investasi lainnya, maka bisa juga dengan menjualnya. Nantinya jika usaha sudah berjalan, maka satu per satu semua aset tersebut tentu bisa Anda miliki kembali.

  • Gadaikan aset

Kadang untuk mendapatkan modal usaha dengan menjual aset dirasa sangat beresiko karena sayang atau alasan lainnya. Jika memang demikian, maka ada cara lain yakni dengan menggadaikan aset saja. Cara ini bisa dibilang terasa lebih aman dibanding meminjam bank. Meski konteksnya hampir sama karena meminjam uang, namun menggadaikan dirasa lebih ramah.

Baca juga: Cara Membuka Usaha Laundry Dengan Modal Kecil

  • Meminjam orang terdekat

Bank memang sedikit menakutkan bagi para pengusaha pemula. Bayangkan saja, pendapatannya belum tentu, namun cicilan dan bunga terus mencekik. Untuk itu ada opsi lain juga yang bisa Anda lakukan yakni dengan meminjam ke orang terdekat Anda. Meski memang pinjamannya mungkin tak banyak, namun setidaknya Anda tak akan terlalu keberatan dengan bunga, denda, penalti atau aturan lain.

  • Cari investor

Bagi Anda yang kreatif, maka bisa juga dengan mencari investor untuk bisnis Anda. Investor biasanya orang yang tak jauh-jauh yakni keluarga atau teman. Buat proposal menarik tentang rencana bisnis Anda dan berikan pada mereka yang terlihat tertarik.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha. Sebetulnya modal tak melulu dengan pinjam bank karena ada cara lain juga yang bisa dilakukan dan potensial. Meski demikian memang harus lebih berusaha lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *